Federation Pencak Silat International

Federation Pencak Silat International

Posted on

Federation

Federation Pencak Silat International
Federation Pencak Silat adalah badan pengelola olahraga pencak silat, dan bertanggung jawab untuk mempromosikan seni dan mengawasi kompetisi, dan Pencak Silat sendiri adalah Budaya Seni Bela Diri yang berasal dari Indonesia. Selain itu olah raga ini adalah sistem pertarungan yang menggabungkan berbagai gerakan, termasuk serangan, tendangan, bergulat, dan teknik bertahan.

Apa Nama Federation Pencak Silat

Nama federastion pencak silat mungkin bervariasi tergantung negara tempat federasi tersebut berada. Misalnya di Indonesia, nama federasi pencak silat adalah Persekutuan Pencak Silat Indonesia (PERSILAT), sedangkan di Amerika Serikat, nama federasi pencak silat adalah United States Pencak Silat Association (USPSA). Anda dapat mencari informasi lebih lanjut tentang nama federasi pencak silat di negara Anda dengan mencari di internet atau menghubungi organisasi pencak silat di negara Anda.

Apa tujuan IPSI dibentuk

Tujuan dari organisasi pencak silat di Indonesia adalah untuk mengembangkan, mempromosikan, dan mengatur pencak silat di negara tersebut. Ini termasuk menyelenggarakan kompetisi, mempromosikan kesadaran tentang pencak silat, dan bekerja sama dengan organisasi pencak silat di seluruh Indonesia untuk meningkatkan popularitas seni bela diri ini.

Kapan didirikan Pencak Silat

Tidak ada catatan yang pasti tentang kapan pencak silat sebenarnya didirikan, karena seni bela diri ini telah berkembang secara organik selama bertahun-tahun di Indonesia. Namun, pencak silat pertama kali muncul dalam sejarah tertulis sekitar tahun 1300-an, ketika kerajaan Majapahit di Jawa Timur memperkenalkan seni bela diri ini sebagai bagian dari kebudayaan mereka. Sejak itu pencak silat terus berkembang dan beradaptasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat Indonesia. Saat ini, pencak silat merupakan salah satu seni bela diri yang paling terkenal di dunia.

Apa itu Pencak Silat Wiraloka

Test Ketrampilan Silat Seni Jurus Tunggal adalah Tipe test yang dipakai dalam penilaian ketrampilan silat seni jurus tunggal ialah sama dengan tipe yang ditandingkan dalam kejuaraankejuaraan. Untuk nomor seni, istilah yang dikenali dalam pencak silat ialah pencak silat seni, dapat dilaksanakan secara perorangan atau barisan. Selanjutnya muncul-mucul istilah untuk membandingkan beberapa jenis yang ditandingkan, seperti Wiragama untuk tunggal putra atau putri, Wirasangga untuk silat berpasangan putra atau putri dan wiraloka untuk beregu.
Jurus wiraloka ialah serangkaian beberapa gerakan jurus pencak silat yang cocok sesuai wiraga, wirama, wirasa dengan tangan kosong dan dimainkan. Disamping itu Jurus yang dipertandingan dalam pencak silat seni jurus tunggal merupakan serangkaian pergerakan jurus pencak silat seni jurus tunggal terbagi dalam :
  • 7 jurus tangan kosong;
  • 3 jurus senjata golok;
  • 4 jurus senjata tongkat, toya, belati, celurit. trisula dan rambik.
Dalam kejuaraan pencak silat diperlombakan empat kelompok yakni, kelompok tanding, tunggal, double dan beregu. Kelompok tanding yakni laga pertandingan di mana lomba pada kelompok ini dipisah berdasar kelas-kelas yang disamakan pada berat tubuh olahragawan, dan tiga kelompok lainnya masuk ke laga pencak silat seni di mana masing-masing kelompok mempunyai
jurus masing-masing yang diperlihatkan dalam perlombaan seperti kelompok tunggal tampilkan jurus harus tunggal baku dimainkan dengan seorang pesilat, kelompok double tampilkan 2 orang pesilat yang tampilkan kekayaan tehnik dan jurus-jurus serang bela pencak silat dalam perlombaan dan kelompok beregu dimainkan 3 orang pesilat yang memeragakan jurus harus wiraloka.

Apa nama Senjata Pencak Silat

Ada banyak jenis item terkait senjata yang dipergunakan dan memperagakan ilmu pencak silat yang meliputi seperti toya atau tongkat, belati, celurit, trisula, rambik.

Apa Pencak Silat Terbesar di Dunia

Pencak silat merupakan seni bela diri yang berasal dari Indonesia, dan sejak itu telah menyebar ke seluruh dunia. Beberapa organisasi pencak silat mungkin memiliki jumlah anggota atau cabang yang lebih besar daripada organisasi lain, tetapi ini tidak berarti bahwa mereka “terbesar” dalam hal apapun.
Di Indonesia, federasi pencak silat tertinggi adalah Persekutuan Pencak Silat Indonesia (PERSILAT). PERSILAT didirikan pada tahun 1981 dan merupakan organisasi nasional dan internasional sebagai Induk Federasi Organisasi Pencak Silat dari seluruh Negara di Dunia dan Persilat ini yang bertanggung jawab untuk mengembangkan, mempromosikan, dan mengatur pencak silat di Indonesia. PERSILAT bekerja sama dengan organisasi pencak silat di seluruh Indonesia dan seluruh dunia untuk menyelenggarakan kompetisi dan meningkatkan popularitas seni bela diri Pencak Silat.

Negara apa saja yang ada Pencak Silat

Pencak silat adalah seni bela diri yang berasal dari Indonesia, tetapi sejak itu menyebar ke seluruh dunia. Saat ini, pencak silat dapat ditemukan di banyak negara, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, Thailand, Australia, Amerika Serikat, dan banyak lagi. Sebagian besar negara di dunia memiliki organisasi pencak silat yang bertanggung jawab untuk mengembangkan, mempromosikan, dan mengatur pencak silat di negara tersebut.
Adapun Daftar Federation Pencak Silat dari Negara yang ada diseluruh Dunia ini sudah sebanyak 66 Negara, silahkan pelajari di Halaman utama berikut ini terkait Warisan Budaya yang telah dimaklumatkan dari Organisasi Unesco meliputi Daftar negara tersebut.

Alamat Kantor PERSILAT

Adapun terkait Alamat Kepengurusan Pusat Organisasi Federation PERSILAT beralamatkan di Padepokan Pencak Silat Indonesia, Jl. Taman Mini I, Jakarta 13560, telepon : 021-8416011 ext. 399, 398, 396.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *