Doa Keselamatan Dunia Akhirat

Doa Keselamatan Dunia Akhirat

Doa Keselamatan

Doa Keselamatan Dunia Akhirat
Doa Keselamatan Dunia Akhirat adalah salah satu bentuk ibadah yang dapat dilakukan oleh umat Muslim untuk memohon keamanan dan keselamatan dalam hidup. Doa ini bisa dibacakan setiap saat dan di manapun, baik saat melakukan aktivitas sehari-hari maupun saat sedang dalam perjalanan.
PAGAR AWAK: 
“Bismilahirohmanirohim, Niat lan nyeyuwun ngewujudtaken ingkang pribadi Ingsun “Sirno Lati Nafsu ilang Budi Pati Sukmo (Suksma, Suksma) mati marang aku, Tolak Balak, Balak Wong kang Tinemu di Dina wabali sak naliko marang aku sak walimu marang nyuwun ala marang aku”

Doa Keselamatan Dunia Akhirat

Doa Keselamatan Dunia Akhirat adalah doa yang berasal dari Al-Qur’an. Doa ini meminta kepada Tuhan agar diberikan kebaikan di dunia dan akhirat, serta dilindungi dari siksa api neraka. Doa ini ditemukan dalam surat Al-Baqarah ayat 201. Ada juga doa lain yang serupa dalam surat Al-Kahf ayat 10, yaitu ketika pemuda-pemuda berlindung ke dalam gua dan berdoa agar diberikan rahmat dan petunjuk yang lurus dalam urusan mereka.
Surat Al Baqarah ayat 201
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار
 
Rabbana aatina fi-ddunya hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qina ‘adzaab annar
Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa api neraka” . 
 
Surat Al Kahf ayat 10
اِذۡ اَوَى الۡفِتۡيَةُ اِلَى الۡـكَهۡفِ فَقَالُوۡا رَبَّنَاۤ اٰتِنَا مِنۡ لَّدُنۡكَ رَحۡمَةً وَّهَيِّئۡ لَـنَا مِنۡ اَمۡرِنَا رَشَدًا
Iz awal fityatu ilal Kahfi faqooluu Rabbanaaa aatinaa mil ladunka rahmatanw wa haiyi’ lanaa min amrinaa rashadaa
 
Artinya: “(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”

Doa Keselamatan Dunia Akhirat menutu Hadist

Doa ini sangat penting bagi setiap Muslim untuk dibaca setiap hari dan dalam setiap keadaan. Doa ini memohon keselamatan dunia dan akhirat kepada Allah SWT. Berikut adalah ayat Arab, bacaan Latin, dan artinya:
اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ النَّارِ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ
Allahumma inni a’udhu bika min ‘adzabin-nar wa min ‘adzabil-qabri wa min kulli syaitanin wa haammin wa min kulli ‘ainin lammah
 
Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa api neraka, siksa kubur, dari setiap setan dan makhluk yang merugikan, dan dari setiap mata yang membisikkan.”
Ini adalah doa yang sangat bermakna dan memohon keselamatan dunia dan akhirat kepada Allah SWT. Semoga kita semua selalu dalam lindungan dan perlindungan Allah SWT. Aamiin.
Tidak, doa keselamatan dunia akhirat yang disebutkan di atas tidak tercantum dalam Al-Quran. Doa ini merupakan doa dari hadits Nabi Muhammad SAW yang diterima melalui jalur periwayatan (sanad). Namun, isinya memiliki dasar dalam ajaran Islam dan memang sangat dianjurkan untuk dibaca sebagai bentuk permohonan keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT.
Hadits tentang doa keselamatan dunia akhirat yang disebutkan sebelumnya tidak terdapat dalam kitab-kitab hadits yang terkenal seperti Sahih Bukhari, Sahih Muslim, Sunan At-Tirmidzi, dll. Oleh karena itu, informasi tentang hadits tersebut tidak dapat dikonfirmasi dan belum dapat diterima sebagai hadits sahih.

Doa Selamat Dunia Akhirat Panjang & Lengkap

Ini adalah dua doa dalam bahasa Arab yang berisi permohonan kepada Allah untuk keselamatan dan kebaikan hidup dunia dan akhirat. Pertama, memohon keselamatan dalam agama, kesehatan, peningkatan ilmu, berkah rezeki, taubat sebelum mati, rahmat saat mati, dan ampunan setelah mati. Kedua, memohon sejahtera dalam hidup dan kembali kepada Allah dalam keadaan sejahtera dan dimasukkan ke surga, tempat sejahtera.
 
اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ سَلَامَةً فِي الدِّينِ، وَعَافِيَةً فِي الْجَسَدِ، وَزِيَادَةً فِي الْعِلْمِ، وَبَرَكَةً فِي الرِّزْقِ، وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ، وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ، وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اللَّهُمَّ أَهْوِنْ عَلَيْنَا فِي سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةً مِنَ النَّارِ، وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ
Allāhumma innā nas’aluka salāmatan fid-dīn, wa ‘āfiyatan fil-jasad, wa ziyādatan fil-‘ilm, wa barakatan fir-rizq, wa tawbatan qabla al-mawt, wa rahmatan ‘inda al-mawt, wa maghfiratan ba’da al-mawt. Allāhumma ahwin ‘alaynā fi sakarāt il-mawt, wa najātan minan-nār, wa al-‘afwa ‘inda al-hisāb
 
Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, kesehatan dalam badan, peningkatan dalam ilmu, berkah dalam rezeki, taubat sebelum mati, rahmat saat mati, dan ampunan setelah mati. Ya Allah, mudahkanlah bagi kami dalam kelelahan mati dan selamatkanlah kami dari api neraka, dan berikanlah kemaafan pada saat perhitungan.”
اللهُمَّ أَنتَ السَّلامُ وَمِنكَ السَّلامُ وَإِلَيكَ يَأُوذُ السَّلامُ، فَهينا رَبنا بِالسَّلامِ، وَأدخِلنا الجنةَ دار السَّلامِ، تَبارَكتَ ربنا وَتعاليتَ، يا ذا الجَلالِ والإكرامِ
Allahumma anta-s-salam wa minka-s-salam wa ilaika ya’uudu-s-salam, fahayyina robbana bis-salam, wa adkhilna-l-jannata daar-as-salam, tabarokta robbana wa ta’aalayta, yaa dzal-jalaali wal-ikram
Artinya: “Ya Allah, Engkaulah sejahtera dan dari-Mu datang sejahtera, dan kepada-Mu kami kembali dalam sejahtera. Oleh sebab itu, jadikanlah kami dalam keadaan sejahtera oleh Tuhan kami. Dan masukkanlah kami ke dalam surga, tempat sejahtera. Berkahilah Tuhan kami dan tinggikanlah-Nya, wahai Yang Maha Mulia dan Maha Terpuji.”
Doa Keselamatan, Mohon Dihindarkan Azab Neraka
Ini adalah doa keselamatan untuk memohon agar diri terhindar dari azab neraka. Doa ini berisi permohonan agar diri menjadi orang yang rajin melakukan shalat dan menjadi pemberi peringatan bagi umat Allah. Doa ini juga menyebutkan bahwa di antara orang-orang Arab dan penduduk kota ada orang-orang munafik yang tidak dikenal, namun Allah mengetahui mereka dan akan menyiksa mereka dua kali sebelum dikembalikan ke azab yang besar.
Surat At Taubah ayat 101
وَمِمَّنْ حَوْلَكُمْ مِنَ الْأَعْرَابِ مُنَافِقُونَ ۖ وَمِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ ۖ مَرَدُوا عَلَى النِّفَاقِ لَا تَعْلَمُهُمْ ۖ نَحْنُ نَعْلَمُهُمْ ۚ سَنُعَذِّبُهُمْ مَرَّتَيْنِ ثُمَّ يُرَدُّونَ إِلَىٰ عَذَابٍ عَظِيمٍ
Wa mimmans hawalakum minal a’raabi munafiqoona wa min ahlil madinati maradoo ‘alan nifaqi la ta’lamuhum nahnu na’lamuhum sanu’adzibuhum marrataini thumma yuradduuna ila ‘adzaabin ‘azhiimin
Artinya: “Dan di antara orang-orang Arab sekitar kalian ada orang-orang munafik, dan di antara penduduk kota ada orang-orang yang kembali pada kemunafikan, kamu tidak mengetahui mereka. Kami mengetahui mereka. Kami akan menyiksa mereka dua kali, kemudian mereka dikembalikan ke azab yang besar.”

Doa Keselamatan Keluarga

Doa Keselamatan Keluarga adalah dua doa yang diambil dari Al-Qur’an yang bertujuan untuk memohon perlindungan dan keselamatan bagi diri dan keluarga.
Surat Asy Syu’ara ayat 169
رَبِّ نَجِّنِي وَأهلِي مِمَّا يَعْمَلُون
Rabbi najjine wa ahlii mimma ya’malun
Artinya: “Ya Tuhan, selamatkanlah aku dan keluargaku dari apa yang mereka perbuat.”
Surat Ibrahim ayat 40
رَبِّ جَعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنذُرِيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَائِ
Rabbi ja’alni muqeema as-shalati wa minzhireeti Rabbana wa taqabbal du’aai
Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku orang yang rajin mengerjakan shalat dan menjadi pemberi peringatan bagi umat-Mu. Ya Tuhan kami, terimalah doa saya.”

Doa Meminta Selamat Dari Penyakit

Doa Meminta Selamat Dari Penyakit adalah doa yang meminta Allah untuk menghilangkan musibah dan menyembuhkan sakit. Doa ini juga memohon perlindungan dari kelenyapan nikmat Allah, perubahan kebaikan-Nya, datangnya kemurkaan-Nya, dan terkumpulnya kemarahan-Nya.
اللهُمَّ رَبَّ النَّاسِ، أذْهِبِ البَأسِ، أشْفِ، أنتَ الشَّافِي، لا شَافِي إلا أنتَ شَافِيًا، لا يغدِرُ سَقمًا
Allāhumma rabba al-nāsi, adhhibi al-bāsi, ashfi, Anta al-shāfī, lā shāfī illā Anta shāfiyyān, lā yaghdiru saqiman
Artinya: “Ya Allah, Tuhan umat manusia, hilangkanlah musibah, sembuhkanlah, Engkaulah penyembuh, tidak ada penyembuh selain Engkau, tidak ada yang memperdayakan yang sakit.”
اللهُمَّ إنِي أعوذُ بِكَ مِن زَوالِ نِعمَتِكَ، وتَحوُلِ الأعافِيَتِكَ، وفُجاءةِ نِقمَتِكَ، وجمعِ سخطِكَ
Allāhumma innī a’ūdhu bika min zawāli ni’matika, wa taħwuli al-a’āfiyatika, wa fujā’ati niqmatika, wa jami’i sakhatika
Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, perubahan kebaikan-Mu, datangnya kemurkaan-Mu, dan terkumpulnya kemarahan-Mu.”

Doa Selamat Dari Iman Keteguhan Iman

Doa Selamat dari Iman Keteguhan Iman adalah doa untuk meminta teguhan iman dan petunjuk dalam menjalani hidup sesuai dengan agama.
يا مُقَلِّبَ القُلوبِ ثَبِّت قَلبِي عَلى دِينِكَ
Yā muqallibal qulūbi, thabbit qalbī ‘alā dīnika
 
Artinya: “Wahai Penentu hati, teguhkanlah hatiku pada agama-Mu.”
رَبَّنا لا تُزِغ قُلوبَنا بعدَ إذ هديتَنا وهَب لنا مِن لدُنكَ رَحمةً، إنَّك أنتَ الوَهاب
Robbana la tuzigh quloobana ba’da idh hadaytana wa hab lana min ladunka rahmah, innaka antal wahhab
Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau sesatkan hati kami setelah Engkau memberikan petunjuk kepada kami dan memberikan rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

Manfaat yang di dapat dari Doa Selamat Dunia Akhirat

Dengan membaca doa keselamatan, seseorang bisa merasa lebih tenang dan yakin akan keamanan dan keselamatannya. Doa ini juga dipercaya dapat memberikan kekuatan dan perlindungan bagi umat Muslim sehingga mereka dapat menjalani hidup dengan lebih baik. Oleh karena itu, umat Muslim harus rajin membaca doa keselamatan setiap hari.

Bagikan

Sejarah Persaudaraan Setia Hati Terate

Sejarah Persaudaraan Setia Hati Terate

Sejarah Singkat Persaudaraan Setia Hati Terate Sejarah Persaudaraan Setia Terate, Berdirinya Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate tidak dapat dipisahkan dari kisah pendirinya.
Arti Setia Hati Terate

Arti Setia Hati Terate

Arti Setia Hati Terate Dalam kodratnya, manusia memiliki kecenderungan dan keinginan untuk tumbuh dan berkembang menuju proses pembentukan jatidiri yang