Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha: Keberkahan dan Kedamaian

Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha: Keberkahan dan Kedamaian

Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha

Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha: Keberkahan dan Kedamaian
Dzikir dan doa merupakan ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Setelah menunaikan sholat Dhuha, salah satu kegiatan yang dianjurkan adalah berdzikir dan berdoa. Dzikir dan doa ini memiliki banyak manfaat dan keutamaan yang akan kita bahas dalam artikel ini. Selain itu, kami juga akan menyajikan dzikir dan doa yang terdapat dalam Al-Quran beserta teks Arab, transliterasi Latin, dan terjemahan Bahasa Inggris. Artikel ini juga akan menyertakan beberapa hadis yang relevan tentang dzikir dan doa setelah sholat Dhuha.

Keutamaan Sholat Dhuha

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan pada waktu antara terbitnya matahari hingga sebelum waktu sholat Dzuhur. Sholat ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang sholat Dhuha dengan penuh keyakinan, maka dia akan diampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan” (HR. Abu Daud). Sholat Dhuha juga dapat memberikan ketenangan jiwa, meningkatkan konsentrasi, serta mendatangkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Dzikir Setelah Sholat Dhuha

Dzikir Pagi dan Petang

    • Arab:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَا نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ

    • Transliterasi Latin:

Subhanallah wa bihamdihi, ‘adada khalqihi wa rida nafsihi wa zinata ‘arshihi wa midad kalimatihi.

    • Artinya:

“Maha suci Allah, aku memuji-Nya, sebanyak jumlah ciptaan-Nya, sebanyak kerelaan-Nya, seberat timbangan ‘Arsy-Nya, dan sebanyak tinta kalimat-Nya.”

Dzikir Tasbih

    • Arab:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ

    • Transliterasi Latin:

Subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar.

    • Artinya:

“Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah, dan Allah Maha Besar.”

Dzikir Istighfar

    • Arab:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

    • Transliterasi Latin:

Astaghfirullah al-‘azim alladzi la ilaha illa Huwa, al-Hayyul-Qayyum wa atubu ilaih.

    • Artinya:

“Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada ilah yang berhak disembah selain Dia, yang Mahahidup, yang Mahaqayyum, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Dzikir Tahmid

    • Arab:

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

    • Transliterasi Latin:

Alhamdu lillahi Rabbil ‘alamin.

    • Artinya:

“Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Dzikir Tahlil

    • Arab:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ

    • Transliterasi Latin:

La ilaha illallah.

    • Artinya:

“Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah.”

Dzikir-dzikir ini dapat dilakukan dengan membaca dan mengulanginya dalam hati atau dengan suara pelan setelah menyelesaikan sholat Dhuha. Melalui dzikir ini, kita mengingat Allah, menyucikan-Nya, dan merasakan kehadiran-Nya yang mendalam.
Dengan mengamalkan dzikir setelah sholat Dhuha, kita memperoleh berbagai keutamaan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dzikir merupakan sarana untuk membersihkan hati, meningkatkan kesadaran spiritual, dan memperkuat ikatan dengan-Nya. Semoga dengan berbagai dzikir yang diajarkan dalam agama Islam, kita dapat mencapai ketenangan batin dan mendapatkan berkah serta keberkahan dalam hidup kita.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa Keselamatan

    • Arab:

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

    • Transliterasi Latin:

Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabarakta ya dzal jalali wal ikram.

    • Artinya:

“Ya Allah, Engkau Maha Pemberi keselamatan dan dari-Mu datang segala keselamatan. Maha Suci Engkau, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Doa Ampunan

    • Arab:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي الذَّنْبَ وَوَسِّعْ لِي فِي الرِّزْقِ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

    • Transliterasi Latin:

Allahumma ighfirli dzanbi wa was si’li fi rizqi wah lul ‘uqdata min lisani yafqahu qawli.

    • Artinya:

“Ya Allah, ampunilah dosaku, luaskanlah rizkiku, dan lepaskanlah simpul lidahku agar mereka dapat memahami perkataanku.”

Hadis Terkait Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa mengucapkan dzikir pagi dan petang (subhanallah wa bihamdihi) sebanyak 100 kali dalam sehari, maka tidak ada seorang pun yang dapat mendatangkan amalan yang lebih baik daripada amalan yang demikian, kecuali seseorang yang mengucapkannya lebih banyak darinya.” (HR. Muslim)
Dari Abdullah bin Zubair, Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang muslim berdoa dengan doa yang baik setelah sholat Dhuha, kecuali Allah akan mengabulkannya atau memberinya yang lebih baik daripada itu.” (HR. Tirmidzi)

Mendalamkan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha

Ayat Al-Quran tentang Dzikir

    • Arab:

وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ وَلَا تَكُن مِّنَ الْغَافِلِينَ

    • Transliterasi Latin:

“Wadzkur Rabbaka finafsika tadarru’an wa khifatan wa dunal jahril min alqawli bilghuduwwi wal-ashali walatakun min alghafilin.”

    • Artinya:

“Dan sebutlah (nama) Rabbmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, serta dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” (QS. Al-A’raf: 205)

Ayat Al-Quran tentang Doa

    • Arab:

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

    • Transliterasi Latin:

“Rabbana la tuzigh qulubana ba’da idh hadaytana wahab lana min ladunka rahmatan, innaka antal wahhab.”

    • Artinya:

“Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau, hanya Engkau yang Maha Pemberi.” (QS. Ali Imran: 8)

Melalui ayat-ayat di atas, Allah SWT mengajarkan kepada kita pentingnya berdzikir dan berdoa dengan hati yang khusyuk, rendah diri, dan rasa takut kepada-Nya. Allah juga mengingatkan kita untuk tidak lalai dan tetap berdoa agar hati kita tidak tersesat setelah mendapatkan petunjuk-Nya.
Dengan merujuk kepada Al-Quran, kita dapat lebih memahami dan menguatkan keyakinan dalam melaksanakan dzikir dan doa setelah sholat Dhuha. Semoga dengan mengamalkan dzikir dan doa yang diajarkan dalam Al-Quran, kita dapat mendapatkan berkah dan keberkahan serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Dzikir dan doa setelah sholat Dhuha memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Melakukan dzikir dan doa ini membantu kita mendapatkan ketenangan jiwa, menguatkan hubungan dengan Allah, serta mendatangkan berkah dan ampunan. Selain itu, hadis-hadis yang disebutkan menunjukkan pentingnya mengamalkan dzikir dan doa setelah sholat Dhuha. Marilah kita menjadikan dzikir dan doa ini sebagai kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari kita, sehingga kita dapat meraih keberkahan dan kedamaian yang Allah berikan.

Bagikan

Apa yang dimaksud Alquran

Apa yang dimaksud Alquran

Apa yang dimaksud Alquran Apa yang dimaksud Alquran ?, Al Quran ialah kitab suci umat Islam yang dipandang seperti wahyu