Cara Membuat Tugu PSHT: Rencana Anggaran Bangunan Tugu Persaudaraan Setia Hati Terate

Cara Membuat Tugu PSHT: Rencana Anggaran Bangunan Tugu Persaudaraan Setia Hati Terate

Cara Membuat Tugu PSHT

Cara Membuat Tugu PSHT: Rencana Anggaran Bangunan Tugu Persaudaraan Setia Hati Terate. PSHT atau Persaudaraan Setia Hati Terate merupakan salah satu perguruan silat yang berasal dari Indonesia. Persaudaraan ini memiliki banyak anggota dan penggemar yang tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan di luar negeri. Sebagai simbol dari Persaudaraan Setia Hati Terate, banyak anggota dan penggemar PSHT ingin membangun sebuah tugu yang dapat menjadi landmark dan juga sebagai wujud penghormatan mereka terhadap perguruan silat yang mereka cintai. Maka, dalam artikel ini akan dibahas tentang cara membuat tugu PSHT, termasuk rencana anggaran bangunan tugu tersebut.
Estimasi dan Dokumentasi Video berada di dalam Artikel ini, di posisi sebelum Kesimpulan.
Cara Membuat Tugu PSHT: Rencana Anggaran Bangunan Tugu Persaudaraan Setia Hati Terate

Flow Chart Cara Membuat Tugu PSHT

Pembuatan tugu PSHT membutuhkan beberapa tahap yang harus dipertimbangkan dengan baik, dimulai dari pemilihan lokasi tugu, desain tugu, anggaran, pengadaan bahan dan tenaga kerja, pengerjaan konstruksi, penyelesaian, pelaksanaan upacara peresmian, hingga perawatan tugu tersebut.

1. Pemilihan Lokasi Tugu PSHT

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam membuat tugu PSHT adalah pemilihan lokasi yang tepat untuk membangun tugu tersebut. Lokasi yang dipilih harus mudah dijangkau dan mudah ditemukan oleh para anggota dan penggemar PSHT. Selain itu, lokasi tersebut juga harus memiliki nilai historis atau keindahan alam yang dapat meningkatkan nilai artistik dari tugu PSHT.

2. Desain Tugu PSHT

Setelah lokasi tugu PSHT dipilih, langkah selanjutnya adalah merancang desain tugu PSHT. Desain tugu PSHT harus mencerminkan nilai-nilai Persaudaraan Setia Hati Terate dan juga menggambarkan identitas dari PSHT itu sendiri. Pemilihan bahan dan ukuran tugu juga harus dipertimbangkan agar tugu PSHT dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

3. Anggaran Bangunan Tugu PSHT

Rencana anggaran bangunan tugu PSHT adalah hal yang penting dalam pembuatan tugu PSHT. Anggaran yang dibutuhkan harus disesuaikan dengan desain dan ukuran tugu PSHT. Selain itu, biaya untuk perizinan, pengawasan, dan keamanan juga harus diperhitungkan dalam rencana anggaran tersebut.

4. Pengadaan Bahan dan Tenaga Kerja

Langkah selanjutnya dalam pembuatan tugu PSHT adalah pengadaan bahan dan tenaga kerja. Bahan yang dibutuhkan untuk membangun tugu PSHT harus berkualitas dan tahan lama. Selain itu, tenaga kerja yang akan digunakan untuk membangun tugu PSHT juga harus ahli dan berpengalaman dalam bidang konstruksi.

5. Pengerjaan Konstruksi Tugu PSHT

Setelah semua persiapan sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah memulai konstruksi tugu PSHT. Proses pengerjaan konstruksi harus dilakukan secara hati-hati dan dengan memperhatikan aspek keamanan. Selama proses pengerjaan konstruksi, perlu dilakukan pengawasan secara terus menerus agar tugu PSHT dapat terbangun dengan baik dan sesuai dengan desain yang telah direncanakan.

6. Penyelesaian Tugu PSHT

Setelah proses pengerjaan konstruksi selesai, tugu PSHT perlu diselesaikan dengan baik. Tugu tersebut harus dicat dan dipasang aksesoris yang sesuai dengan desain tugu. Selain itu, penataan halaman sekitar tugu juga perlu diperhatikan agar tugu PSHT menjadi lebih indah dan menarik.

7. Pelaksanaan Upacara Peresmian Tugu PSHT

Setelah tugu PSHT selesai dibangun dan diberi finishing, langkah selanjutnya adalah pelaksanaan upacara peresmian tugu PSHT. Upacara peresmian tugu PSHT merupakan momen penting dalam sejarah Persaudaraan Setia Hati Terate. Pada saat upacara peresmian, para anggota PSHT dan tamu undangan akan berkumpul dan merayakan selesainya pembangunan tugu PSHT.

8. Perawatan Tugu PSHT

Setelah tugu PSHT selesai dibangun dan diresmikan, perawatan tugu tersebut perlu dilakukan secara teratur. Tugu PSHT harus dirawat agar tetap terlihat indah dan terjaga kebersihannya. Selain itu, perawatan juga dilakukan agar tugu PSHT tetap kokoh dan tidak rusak akibat cuaca atau faktor lainnya.

9. Peran Masyarakat Dalam Pembangunan Tugu PSHT

Pembangunan tugu PSHT bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan dukungan dari banyak pihak, termasuk masyarakat. Masyarakat dapat berperan dalam pembangunan tugu PSHT dengan memberikan sumbangan atau menyumbangkan tenaga mereka. Selain itu, dukungan moral dari masyarakat juga sangat penting dalam pembangunan tugu PSHT.

10. Pentingnya Mempertahankan Sejarah

Pembangunan tugu PSHT juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mempertahankan sejarah. Dengan membangun tugu PSHT, masyarakat dapat belajar dan memahami lebih dalam mengenai sejarah Persaudaraan Setia Hati Terate dan kontribusinya bagi masyarakat.

11. Mengenalkan Persaudaraan Setia Hati Terate Kepada Dunia

Tugu PSHT yang dibangun dapat menjadi sarana untuk mengenalkan Persaudaraan Setia Hati Terate kepada dunia. Dengan adanya tugu PSHT, masyarakat dapat lebih mudah mengenal Persaudaraan Setia Hati Terate dan nilai-nilai yang diusung oleh perguruan silat tersebut.

12. Membangun Kebersamaan Dan Persatuan

Pembangunan tugu PSHT juga dapat menjadi sarana untuk membangun kebersamaan dan persatuan antara anggota dan penggemar PSHT. Melalui pembangunan tugu PSHT, anggota dan penggemar PSHT dapat bergotong-royong dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

13. Mengembangkan Pariwisata Lokal

Tugu PSHT yang dibangun dapat menjadi objek wisata lokal yang menarik. Hal ini dapat membantu mengembangkan pariwisata lokal dan menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Wisatawan yang datang dapat mempelajari sejarah PSHT dan menikmati keindahan tugu yang telah dibangun dengan megah.
Secara keseluruhan, estimasi adalah suatu alat yang sangat berguna untuk membantu kita dalam merencanakan kegiatan atau proyek di masa depan. Namun, perlu diingat bahwa estimasi hanya berdasarkan pada asumsi dan informasi yang tersedia pada saat itu, sehingga hasilnya bisa jadi tidak akurat. Untuk itu, jika saudara ingin melakukan estimasi, pastikan untuk mengumpulkan dan mempertimbangkan seluruh informasi yang relevan, serta memperhitungkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasilnya. Selain itu, lakukan evaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa estimasi yang telah dibuat masih relevan dengan kondisi terkini.

Estimasi Material dan Tenaga Kerja Pembuatan Tugu PSHT

Berikut adalah detail estimasi anggaran biaya material dan biaya pengerjaan untuk pembuatan Tugu PSHT dengan ukuran 3 meter x 2 meter dan ketebalan 5 cm, serta penambahan biaya kawat bendrat, kayu papan untuk bekisting, dan plastik untuk alas pengecoran:
Nama Material Volume Material Harga Satuan Total Harga
Semen Portland 12 sak (600 kg) Rp. 130.000/sak Rp. 1.560.000
Pasir 1,2 m3 Rp. 250.000/m3 Rp. 300.000
Batu Split 0,5 m3 Rp. 200.000/m3 Rp. 100.000
Besi Beton D12 4 batang Rp. 60.000/btg Rp. 240.000
Besi Beton D10 4 batang Rp. 40.000/btg Rp. 160.000
Kawat Bendrat 3 kg Rp. 18.000/kg Rp. 54.000
Paku 5 kg Rp. 20.000/kg Rp. 100.000
Kayu Balok/Kaso 3 batang Rp. 150.000/btg Rp. 450.000
Kayu Papan Bekisting 1,5 m3 Rp. 350.000/m3 Rp. 525.000
Plastik Alas Cor 4 m2 Rp. 20.000/m2 Rp. 80.000
TOTAL BIAYA MATERIAL Rp. 3.719.000
BIAYA PENGERJAAN Rp. 2.500.000
TOTAL ESTIMASI ANGGARAN Rp. 6.219.000
Dengan estimasi anggaran tersebut, diharapkan bisa membantu dalam perencanaan biaya pembangunan Tugu PSHT dengan ukuran 3 meter x 2 meter dan ketebalan 5 cm. Dan mengenai Estimasi penyelesaian pembangunan Tugu PSHT dengan ukuran 3m x 2m x 0,05m dapat bervariasi tergantung pada kecepatan dan kemampuan tenaga kerja ahli konstruksi yang melakukan pengerjaan. Namun, dengan asumsi pengerjaan dilakukan secara terus-menerus dengan tim yang terlatih dan terampil, maka estimasi penyelesaian pembangunan Tugu PSHT tersebut adalah sekitar 7-10 hari kerja. Hal ini tentu saja dapat berubah tergantung pada kondisi cuaca, ketersediaan bahan, dan faktor-faktor lain yang mungkin dapat mempengaruhi proses pembangunan.

Kesimpulan

Pembangunan tugu PSHT merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan sejarah dan mengenalkan Persaudaraan Setia Hati Terate kepada masyarakat. Pembangunan tugu PSHT membutuhkan perencanaan yang matang, biaya yang cukup, serta dukungan dari banyak pihak. Setelah tugu PSHT selesai dibangun, perawatan tugu tersebut perlu dilakukan secara teratur agar tetap terjaga kebersihan dan keindahannya. Selain itu, pembangunan tugu PSHT juga dapat memberikan manfaat dalam berbagai aspek, seperti meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mempertahankan sejarah, membangun kebersamaan dan persatuan, serta mengembangkan pariwisata lokal.

Wawancara dengan Ahli Pembuatan Tugu PSHT

Kami berbicara dengan Kang Mas Hasan Asngari, seorang ahli dalam pembuatan Tugu PSHT yang meski beliau adalah lulusan S1 Teknik Mesin namun beliau mahir dalam bidang Konstruksi Bangunan. Karena beliau telah memiliki pengalaman selama 13,5 tahun dalam bidang ini. Menurut beliau, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan Tugu PSHT, di antaranya adalah pemilihan material yang berkualitas dan mengikuti spesifikasi yang sudah ditentukan, serta penggunaan alat dan teknik yang tepat dalam pengerjaannya. Selain itu, beliau menekankan pentingnya konsistensi dalam menjaga kualitas pekerjaan agar hasil akhir dapat memenuhi standar yang diharapkan.

Tips dan Saran dari Ahli Pembuatan Tugu PSHT

Bapak Sutomo juga memberikan beberapa tips dan saran untuk mereka yang ingin membuat Tugu PSHT, di antaranya adalah:
  • Lakukan perencanaan yang matang sebelum memulai pekerjaan. Hal ini akan membantu menghindari kesalahan dan memastikan pekerjaan berjalan dengan baik.
  • Pilih material yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan. Jangan mencoba untuk menghemat biaya dengan menggunakan material yang murah tetapi berkualitas rendah.
  • Pastikan alat dan teknik yang digunakan dalam pembuatan Tugu PSHT tepat dan sesuai dengan standar yang berlaku.
  • Jaga konsistensi dalam menjaga kualitas pekerjaan agar hasil akhir memenuhi standar yang diharapkan.
  • Jangan ragu untuk meminta bantuan atau konsultasi dengan ahli jika mengalami kesulitan dalam pembuatan Tugu PSHT.
Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan pembuatan Tugu PSHT dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan karya yang berkualitas.

FAQ

Pembangunan tugu PSHT membutuhkan perencanaan yang matang dan anggaran yang cukup. Dalam artikel ini, telah dibahas mengenai cara membuat tugu PSHT beserta rencana anggaran bangunan. Namun, mungkin masih terdapat beberapa pertanyaan yang ingin diketahui terkait pembangunan tugu PSHT. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar cara membuat tugu PSHT.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun tugu PSHT?

Jawab: Biaya yang dibutuhkan untuk membangun tugu PSHT tergantung pada desain tugu yang dipilih, bahan yang digunakan, serta lokasi pembangunan. Namun, biaya tersebut bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Apa saja aksesoris yang perlu dipasang pada tugu PSHT?

Jawab: Aksesoris yang perlu dipasang pada tugu PSHT bergantung pada desain tugu yang dipilih. Namun, beberapa aksesoris yang biasa dipasang pada tugu PSHT adalah bendera PSHT, lambang PSHT, dan nama Persaudaraan Setia Hati Terate.

Apa manfaat dari pembangunan tugu PSHT?

Jawab: Pembangunan tugu PSHT memiliki manfaat dalam berbagai aspek, seperti mempertahankan sejarah, mengenalkan PSHT kepada masyarakat, membangun kebersamaan dan persatuan, serta mengembangkan pariwisata lokal.

Apa saja tahapan dalam pembangunan tugu PSHT?

Jawab: Tahapan dalam pembangunan tugu PSHT meliputi perencanaan, pemilihan desain tugu, pengumpulan dana, pengerjaan konstruksi, penyelesaian tugu, pelaksanaan upacara peresmian, dan perawatan tugu.

Bagaimana cara masyarakat dapat berperan dalam pembangunan tugu PSHT?

Jawab: Masyarakat dapat berperan dalam pembangunan tugu PSHT dengan memberikan sumbangan atau menyumbangkan tenaga mereka. Selain itu, dukungan moral dari masyarakat juga sangat penting dalam pembangunan tugu PSHT.
Dengan memahami jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas, diharapkan pembaca dapat lebih siap dan terarah dalam melakukan pembangunan tugu PSHT.

Penutup

Dalam artikel ini, telah dijelaskan secara rinci mengenai cara membuat Tugu PSHT. Dari persiapan sebelum memulai pembangunan hingga langkah-langkah pembangunan yang tepat, serta rencana anggaran yang perlu dipersiapkan. Dengan memperhatikan setiap detail yang telah dijelaskan, diharapkan pembaca dapat memiliki gambaran yang lebih jelas dan terarah dalam merencanakan serta membangun Tugu PSHT yang berkualitas. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan pada saat pembangunan, serta menggunakan bahan-bahan bangunan yang berkualitas untuk hasil yang maksimal. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menjadi panduan yang berguna dalam cara membuat Tugu PSHT yang kokoh dan berkualitas.

Bagikan

Apa yang dimaksud Alquran

Apa yang dimaksud Alquran

Apa yang dimaksud Alquran Apa yang dimaksud Alquran ?, Al Quran ialah kitab suci umat Islam yang dipandang seperti wahyu