Logo Persaudaraan Setia Hati Terate

Logo Persaudaraan Setia Hati Terate

Logo Persaudaraan Setia Hati Terate

Logo Persaudaraan Setia Hati Terate adalah simbol atau lambang dari organisasi bela diri yang berasal dari Indonesia, yaitu Persaudaraan Setia Hati Terate atau lebih dikenal dengan sebutan SH Terate dan disingkat SHT, PSHT, PSHTerate. Logo ini memiliki makna yang dalam dan filosofi yang erat kaitannya dengan prinsip dan kredo yang dipegang teguh oleh setiap anggota warga Setia Hati Terate.
Logo Persaudaraan Setia Hati Terate sangat penting karena merupakan identitas dari organisasi ini. Logo ini menjadi sebuah simbol yang sangat dihormati oleh para anggota warga Setia Hati Terate dan juga masyarakat. Selain itu, Logo Persaudaraan Setia Hati Terate juga menjadi representasi dari semangat persaudaraan yang dipegang teguh oleh setiap anggota warga Setia Hati Terate.
Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai Logo Persaudaraan Setia Hati Terate. Artikel ini akan membahas sejarah, makna, desain, dan implementasi dari Logo Persaudaraan Setia Hati Terate. Diharapkan artikel ini dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai Logo Persaudaraan Setia Hati Terate.

Arti Logo Persaudaraan Setia Hati Terate

Logo Persaudaraan Setia Hati Terate merupakan lambang yang memiliki makna yang sangat dalam. Setiap elemen dari lambang tersebut memiliki arti tersendiri yang saling berkaitan. Dalam artikel ini, kita akan membahas arti dari setiap elemen yang terdapat dalam Logo Persaudaraan Setia Hati Terate.

1. Bentuk Lambang Segi Empat

Bentuk lambang segi empat merupakan bentuk yang memiliki arti penting dalam Logo Persaudaraan Setia Hati Terate. Empat sisi lambang tersebut melambangkan empat kiblat dan lima pancer (dihati) yang dimiliki manusia. Kelima unsur tersebut adalah cipta, rasa, karsa, jiwa, dan badan. Apabila kelima unsur tersebut seimbang, maka manusia akan dapat berkarya dengan optimal.
Cipta melambangkan daya pikir, rasa melambangkan perasaan, karsa melambangkan kemauan, jiwa melambangkan rohani, dan badan melambangkan jasmani. Dalam Setia Hati Terate, penting bagi setiap anggota untuk menjaga keseimbangan dalam kelima unsur tersebut agar dapat mencapai kesuksesan.

2. Dasar Warna Hitam

Dasar warna hitam pada Logo Persaudaraan Setia Hati Terate melambangkan bahwa persaudaraan dalam Setia Hati Terate adalah kekal abadi, seperti saudara kandung. Persaudaraan dalam Setia Hati Terate tidak hanya terjadi di antara anggota saat ini, namun juga antara anggota dengan anggota yang telah meninggalkan persaudaraan ini.

3. Hati Berwarna Putih Tepi Berwarna Merah

Hati berwarna putih pada Logo Persaudaraan Setia Hati Terate melambangkan kesucian hati orang Setia Hati Terate yang tidak ingin memiliki barang yang tidak halal. Tepi hati yang berwarna merah melambangkan kasih sayang yang tak terbatas, yang dapat diberikan kepada siapa saja, bahkan kepada orang yang melakukan kesalahan.

4. Hati yang Bersinar

Setiap anggota Setia Hati Terate harus memancarkan kasih sayang dan menjunjung tinggi semboyan “sepadha padhane tumitah” (saling membantu tanpa mengharapkan balasan). Anggota Setia Hati Terate percaya pada hukum karma atau hukum timbal balik. Sinar kasih sayang tersebut menunjukkan bahwa mereka tidak ingin menzalimi orang lain atau terlibat dalam konflik. Sebagaimana pepatah “Manunggaling kawula Gusti”, manusia akan memetik hasil dari perbuatan yang dilakukannya.

5. Bunga Terate

Bunga Terate dapat hidup di segala tempat, hal ini melambangkan bahwa orang Setia Hati Terate harus dapat hidup di semua lapisan masyarakat. Bunga Terate memiliki tiga tahap yaitu kuncup, setengah mekar, dan mekar sekali. Semua anggota Setia Hati Terate berasal dari berbagai lapisan masyarakat, tetapi tetap bersatu seperti saudara kandung.

6. Pita sebelah Kanan berwarna Putih dengan Garis Tengah Merah

Pita sebelah Kanan berwarna  Putih dengan Garis Tengah Merah pada Logo Persaudaraan Setia Hati Terate adalah simbol dari posisi anggota organisasi yang harus berdiri tegak di tengah-tengah keadilan dan kebenaran. Artinya, para anggota Setia Hati Terate diharapkan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan kebenaran dalam setiap tindakan dan sikapnya. Hal ini sesuai dengan filosofi Setia Hati Terate yang mengutamakan kebenaran sebagai salah satu pondasi dalam membangun persaudaraan.

7. Senjata

Salah satu aspek penting dalam kehidupan anggota Setia Hati Terate adalah bela diri. Setia Hati Terate memberikan pelajaran bela diri berupa Pencak Silat yang merupakan bela diri asli dari budaya bangsa Indonesia. Menurut pepatah Setia Hati Terate, bangsa yang kehilangan kebudayaannya adalah bangsa yang terjajah jiwanya. Oleh karena itu, mempertahankan budaya bangsa Indonesia merupakan hal yang sangat penting bagi anggota Setia Hati Terate. Pelajaran Pencak Silat yang diberikan pada anggotanya bukan hanya untuk kepentingan fisik semata, tetapi juga untuk memperkuat jati diri dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia.

8. Tulisan “PERSAUDARAAN”

Pada Logo Persaudaraan Setia Hati Terate, tulisan “PERSAUDARAAN” diletakkan di atas gambar bunga Terate. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa persaudaraan adalah nilai yang sangat diutamakan oleh Setia Hati Terate. Persaudaraan dianggap sebagai pondasi utama dalam membangun dan menjaga solidaritas antara sesama anggota. Sedangkan Pencak Silat, sebagai seni bela diri yang diajarkan di Setia Hati Terate, hanya merupakan tali pengikat yang memperkuat persaudaraan antara para anggota. Dalam Setia Hati Terate, persaudaraan tidak hanya dijaga di dalam organisasi, tetapi juga diperluas ke masyarakat luas sebagai bentuk kontribusi sosial dalam membangun bangsa dan negara.

Gambar Logo Persaudaraan Setia Hati Terate

Logo Persaudaraan Setia Hati Terate yang terlihat pada gambar di bawah ini telah mengalami rekonstruksi oleh Kang Mas Badini. Perubahan pada gambar bertujuan untuk lebih mengarahkan pada visi dan misi dari organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate, sehingga dapat memberikan kesan yang lebih kuat dan bermakna. Dengan begitu, diharapkan bahwa logo ini dapat memperkuat nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate, serta semakin menginspirasi para anggota untuk terus berjuang dalam menjunjung tinggi keadilan, kebenaran, dan persaudaraan.
Logo Persaudaraan Setia Hati Terate

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Logo Persaudaraan Setia Hati Terate memiliki makna dan simbolisme yang dalam. Logo ini menggambarkan filosofi, nilai, dan cita-cita dari organisasi Setia Hati Terate yang mencakup keadilan, kebenaran, persaudaraan, dan kebudayaan Indonesia. Penggunaan warna dan elemen dalam logo juga memiliki makna tersendiri yang menguatkan pesan yang ingin disampaikan.

FAQ

Pertanyaan terkait tentang logo Persaudaraan Setia Hati Terate:
    1. Apa yang dimaksud dengan lambang Setia Hati Terate?

Lambang Setia Hati Terate adalah gambar yang digunakan sebagai identitas dari organisasi Setia Hati Terate. Lambang ini mengandung makna yang dalam dan merepresentasikan filosofi, nilai, dan cita-cita organisasi.

    1. Apa saja elemen yang terdapat dalam logo Persaudaraan Setia Hati Terate?

Logo Persaudaraan Setia Hati Terate terdiri dari gambar bunga Terate, tulisan “PERSAUDARAAN”, dan pita putih dengan garis tengah merah.

    1. Mengapa gambar logo Persaudaraan Setia Hati Terate perlu direkonstruksi?

Gambar logo Persaudaraan Setia Hati Terate direkonstruksi untuk menguatkan pesan yang ingin disampaikan dan agar lebih tertuju terhadap Visi dan Misi dari organisasi Setia Hati Terate.

    1. Apa makna dari warna pita putih dengan garis tengah merah pada logo Persaudaraan Setia Hati Terate?

Warna pita putih dengan garis tengah merah pada logo Persaudaraan Setia Hati Terate melambangkan keadilan dan kebenaran yang harus dijunjung tinggi oleh anggota Setia Hati Terate.

    1. Apa yang diutamakan oleh organisasi Setia Hati Terate?

Organisasi Setia Hati Terate mengutamakan nilai persaudaraan dan kebudayaan Indonesia dalam menjalankan kegiatan dan membina anggotanya.

    1. Apa hubungan antara Pencak Silat dan Setia Hati Terate?

Setia Hati Terate memberikan pelajaran bela diri berupa Pencak Silat karena Pencak Silat merupakan bela diri asli dari budaya bangsa Indonesia. Pencak Silat juga dianggap sebagai tali pengikat yang memperkuat persaudaraan di antara anggota Setia Hati Terate.

Bagikan

Sejarah Persaudaraan Setia Hati Terate

Sejarah Persaudaraan Setia Hati Terate

Sejarah Singkat Persaudaraan Setia Hati Terate Sejarah Persaudaraan Setia Terate, Berdirinya Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate tidak dapat dipisahkan dari kisah pendirinya.
Arti Setia Hati Terate

Arti Setia Hati Terate

Arti Setia Hati Terate Dalam kodratnya, manusia memiliki kecenderungan dan keinginan untuk tumbuh dan berkembang menuju proses pembentukan jatidiri yang