Surah Al Falaq dan Artinya

Surah Al Falaq dan Artinya

Surah Al Falaq dan Artinya

Surah Al Falaq dan Artinya ialah surah ke-113 dalam Al-Quran. Surah ini terdiri atas 5 ayat dan termasuk ke dalam golongan surah makkiyyah (diterima di Mekkah) yang diturunkan di kota Mekkah. Surah Al Falaq berisi permohonan kepada Allah agar dilindungi dari kejahatan siang dan malam, kejahatan makhluk yang tersembunyi, dan kejahatan orang-orang yang dengki.
Surah Al Falaq dan Artinya
Surah Al Falaq merupakan surah yang sangat penting bagi umat Islam, karena membantu manusia untuk selalu bersikap waspada terhadap kejahatan yang datang dari semua arah. Surah ini juga mengingatkan manusia agar selalu meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah, karena hanya Allah yang dapat memberikan perlindungan yang sempurna bagi manusia.

Bacaan Surat Al Falaq

Berikut adalah bacaan Surat Al Falaq dalam bahasa Arab dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia:
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
 
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ
 
مِن شَرِّ مَا خَلَقَ
 
وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ
 
وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ
 
وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Surat Al Falaq Latin dan Artinya

Surat Al Falaq adalah surah ke-113 dalam al-Quran. Berikut adalah terjemahan bahasa Latin dari surah ini, beserta dengan terjemahan artinya:
Qul a’ūdhu bi-rabbil-falaq,
“Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai waktu subuh,”
Min sharri ma khalaq,
“Dari kejahatan yang diciptakan-Nya,”
Wa min sharri ghasiqin iza waqab,
“Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,”
Wa min sharri naffāthaati fil ‘uqad,
“Dan dari kejahatan yang merayap di malam hari,”
Wa min sharri haasidin iza hasad,
“Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki,”

Surah Al Falaq dan Arti

Surah Al Falaq adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memuat permohonan kepada Allah agar dilindungi dari kejahatan yang datang dari berbagai arah, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi.
Berikut adalah terjemahan arti dari Surah Al Falaq:
  1. Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan yang memelihara dan menguasai subuh,
    • Pada ayat pertama, manusia meminta kepada Allah agar dilindungi dari kejahatan siang dan malam, yaitu kejahatan yang terjadi di siang hari dan kejahatan yang terjadi di malam hari. Kedua kejahatan ini dapat berasal dari makhluk yang terlihat maupun yang tersembunyi, seperti iblis dan setan.
  2. dari kejahatan makhluk-Nya,
    • Pada ayat kedua, manusia meminta kepada Allah agar dilindungi dari kejahatan makhluk yang tersembunyi, seperti iblis dan setan. Makhluk-makhluk ini seringkali merusak kebaikan manusia dan menyebarkan kejahatan di dunia.
  3. dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,
    • Pada ayat ketiga, manusia meminta kepada Allah agar dilindungi dari kejahatan orang-orang yang dengki. Orang-orang yang dengki seringkali cemburu dan iri hati terhadap kebaikan orang lain, sehingga mereka cenderung untuk merusak kebaikan tersebut.
  4. dan dari kejahatan-kejahatan wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul,
  5. dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”.
    • Pada ayat keempat dan kelima, manusia meminta kepada Allah agar dihindari dari kejahatan yang datang dari arah depan, belakang, kiri, dan kanan. Dengan demikian, manusia meminta kepada Allah agar dilindungi dari kejahatan yang datang dari semua arah.

Keutamaan Surat Al Falaq

Surah Al Falaq memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi orang yang membacanya. Berikut adalah beberapa keutamaan yang dapat Anda peroleh dari membaca Surah Al Falaq:
  • Perlindungan dari Kejahatan: Surah Al Falaq meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatan manusia dan makhluk lainnya, serta kejahatan malam yang gelap gulita. Membacanya secara rutin dapat membantu Anda merasa terlindungi dari kejahatan apapun yang mungkin Anda alami.
  • Kekuatan Spiritual: Surah Al Falaq dapat memperkuat keimanan dan keteguhan hati Anda. Dengan membacanya, Anda akan merasa lebih dekat dengan Allah dan lebih kuat menghadapi segala cobaan yang mungkin Anda hadapi.
  • Penyembuhan dari Penyakit: Beberapa hadis menyatakan bahwa membaca Surat Al Falaq dapat memberikan penyembuhan dari berbagai penyakit, baik penyakit fisik maupun penyakit hati.
  • Ketenangan dan Kedamaian: Membaca Surah Al Falaq dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan damai, terutama saat merasa resah atau cemas.
  • Menghilangkan Rasa Takut: Surah Al Falaq juga dapat membantu menghilangkan rasa takut yang mungkin Anda alami, karena meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatan yang mungkin menimpa Anda.
Namun, perlu diingat bahwa keutamaan dan manfaat dari membaca Surah Al Falaq tidak hanya terletak pada membacanya saja, tetapi juga pada tindakan nyata yang kita lakukan sesuai dengan ajaran-ajaran yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Bagikan

Apa yang dimaksud Alquran

Apa yang dimaksud Alquran

Apa yang dimaksud Alquran Apa yang dimaksud Alquran ?, Al Quran ialah kitab suci umat Islam yang dipandang seperti wahyu