Surah An Nas dan Artinya

Surah An Nas dan Artinya

Surah An Nas dan Artinya

Surah An Nas dan Artinya ialah surah ke-114 dalam Al Quran, terdiri atas 6 ayat. Surah ini termasuk ke dalam golongan surah Makkiyah, yaitu surah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebelum hijrahnya ke Madinah.
Surah An Nas dan Artinya
Surah An Nas berisi pesan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang merajai seluruh alam semesta, termasuk manusia. Allah SWT juga mengingatkan kepada manusia untuk tidak takut kepada siapapun selain-Nya, dan hanya kepada-Nya saja manusia harus bergantung.
Surah ini juga menegaskan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang memiliki kuasa atas segala sesuatu, dan hanya kepada-Nya saja manusia harus meminta pertolongan. Allah SWT juga mengingatkan kepada manusia untuk tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, karena hanya Allah SWT saja yang merajai seluruh alam semesta.
Surah An Nas merupakan surah yang sangat singkat, namun memiliki pesan yang sangat dalam dan penting bagi kehidupan manusia. Surah ini mengingatkan kepada kita bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang maha kuasa dan merajai segala sesuatu, sehingga kita harus selalu bergantung kepada-Nya dan tidak takut kepada siapapun selain-Nya.

Arti Surah An Nas

Berikut adalah Surah An Nas dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya dari surah tersebut:
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
Bis’mi l-lāhi r-raĥmāni r-raĥīmi
Artinya: Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, Maha Penyayang.
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ مَلِكِ النَّاسِ إِلَهِ النَّاسِ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ
Qul a’ūżu birabbi n-nāsi maliki n-nāsi ilāhi n-nāsi min šarri l-waswāsi l-khanāsi l-ladhī yuwaswisu fī ṣudūri n-nāsi mina l-jinnati wa n-nāsi
Artinya: Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan manusia, Raja manusia, Allah manusia, dari kejahatan (bisikan-bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”
(فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ)
(Fa man ya’mal miṯqa’ala żarratin khayran yarahū)
Artinya: (Maka) ketika mereka membaca Al Quran, hendaklah mereka bertawakal kepada Allah, agar mereka mendapat rahmat.
وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ
Wa man ya’mal miṯqa’ala żarratin šarrann yarahū
Artinya: Dan tidak ada sesuatu pun yang dapat menutupi (kesalahan-kesalahan) mereka pada hari mereka memperoleh pengadilan itu, selain dari (keselamatan yang datang) dari Allah.
(يَوْمَئِذٍ يُرَدُّ)
(Yawma’idhin yuraddu)
Artinya: Dan mereka tidak memperoleh rahmat kecuali dari Allah, Tuhan semesta alam.
بِالْقِسْطِ وَأَنْتَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Bi l-qiṣṭi wa ‘anta ‘alā kulli šay’in qadīrun
Artinya: (Pada hari itu) mereka akan dibalas dengan adil. Dan Engkau (Allah) Mahakuasa atas segala sesuatu.
Catatan SH Terate:
Secara harfiah, surah ini berisi permohonan pertolongan kepada Allah dari godaan setan dan permintaan agar manusia bertawakal kepada Allah saat membaca Al-Qur’an. Surah ini juga mengingatkan bahwa tidak ada yang dapat menutupi kesalahan manusia pada hari pengadilan kelak, kecuali rahmat Allah.

Surah An Nas Arab

Berikut adalah teks Surah An Nas dalam bahasa Arab dan transliterasi Latinnya:
 
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
 
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ مَلِكِ النَّاسِ إِلَهِ النَّاسِ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ
 
(فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ)
 
وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ
 
(يَوْمَئِذٍ يُرَدُّ)
 
بِالْقِسْطِ وَأَنْتَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Surah An Nas Latin

  1. Bis’mi l-lāhi r-raĥmāni r-raĥīmi
  2. Qul a’ūżu birabbi n-nāsi maliki n-nāsi ilāhi n-nāsi min šarri l-waswāsi l-khanāsi l-ladhī yuwaswisu fī ṣudūri n-nāsi mina l-jinnati wa n-nāsi
  3. (fa man ya’mal miṯqa’ala żarratin khayran yarahū)
  4. Wa man ya’mal miṯqa’ala żarratin šarrann yarahū
  5. (yawma’idhin yuraddu)
  6. Bi l-qiṣṭi wa ‘anta ‘alā kulli šay’in qadīrun

Arti Surat Annas

Berikut susunan Arti Surat Annas tersebut:
  1. Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, Maha Penyayang.
  2. Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan manusia, Raja manusia, Allah manusia, dari kejahatan (bisikan-bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”
  3. Maka ketika mereka membaca Al Quran, hendaklah mereka bertawakal kepada Allah, agar mereka mendapat rahmat.
  4. Dan tidak ada sesuatu pun yang dapat menutupi (kesalahan-kesalahan) mereka pada hari mereka memperoleh pengadilan itu, selain dari (keselamatan yang datang) dari Allah.
  5. Dan mereka tidak memperoleh rahmat kecuali dari Allah, Tuhan semesta alam.
  6. (Pada hari itu) mereka akan dibalas dengan adil. Dan Engkau (Allah) Mahakuasa atas segala sesuatu.

Apa Khasiat Surah An Nas?

Surah An Nas diyakini memiliki beberapa khasiat dan manfaat bagi kehidupan manusia, di antaranya:
  1. Menghapuskan Rasa Takut dan Khawatir
    • Surah An Nas mengingatkan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang merajai seluruh alam semesta, sehingga kita tidak perlu takut kepada siapapun selain-Nya. Jadi, jika seseorang merasa takut atau khawatir tentang sesuatu, maka dapat dibaca surah An Nas sebagai bentuk penghiburan dan pengingat bahwa Allah SWT selalu bersama kita. Dengan membaca surah ini secara teratur, diharapkan dapat menghapuskan rasa takut dan khawatir yang mungkin ada dalam diri kita.
  2. Menghapuskan Rasa Kesepian
    • Surah An Nas juga mengingatkan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang selalu bersama kita, sehingga kita tidak perlu merasa kesepian. Jadi, jika seseorang merasa kesepian, maka dapat dibaca surah An Nas sebagai bentuk penghiburan dan pengingat bahwa Allah SWT selalu ada untuk kita. Dengan membaca surah ini secara teratur, diharapkan dapat menghapuskan rasa kesepian yang mungkin ada dalam diri kita.
  3. Menghapuskan Rasa Cemas dan Gelisah
    • Surah An Nas mengingatkan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang maha kuasa dan merajai segala sesuatu, sehingga kita tidak perlu cemas atau gelisah. Jadi, jika seseorang merasa cemas atau gelisah tentang sesuatu, maka dapat dibaca surah An Nas sebagai bentuk penghiburan dan pengingat bahwa Allah SWT merajai segala sesuatu dan selalu bersama kita. Dengan membaca surah ini secara teratur, diharapkan dapat menghapuskan rasa cemas dan gelisah yang mungkin ada dalam diri kita.
  4. Menghapuskan Rasa Sakit dan Nyeri
    • Beberapa sumber menyebutkan bahwa membaca surah An Nas secara teratur dapat menghapuskan rasa sakit dan nyeri yang mungkin dialami oleh seseorang. Jadi, jika seseorang sedang merasa sakit atau nyeri, maka dapat dibaca surah An Nas sebagai bentuk penghiburan dan penyembuhan. Namun, perlu diingat bahwa khasiat ini tidak bisa dijadikan sebagai satu-satunya solusi untuk mengobati penyakit atau masalah kesehatan yang sedang dialami.
  5. Memberikan Kekuatan dan Keberanian
    • Surah An Nas mengingatkan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang maha kuasa dan merajai segala sesuatu, sehingga kita harus bergantung kepada-Nya. Dengan membaca surah ini secara teratur, diharapkan dapat memberikan kekuatan dan keberanian kepada seseorang dalam menghadapi berbagai cobaan dan tantangan dalam kehidupan.

Kapan surat An Nas dianjurkan untuk dibaca?

Tidak ada aturan khusus tentang kapan surat An Nas dianjurkan untuk dibaca. Surah An Nas, seperti semua surat Alquran lainnya, dapat dibaca kapan saja sesuai dengan keinginan seseorang. Namun, ada beberapa momen atau kegiatan khusus yang biasanya dianggap cocok untuk membaca surah An Nas di antaranya seperti yang disebutkan di atas.

Bagikan

Apa yang dimaksud Alquran

Apa yang dimaksud Alquran

Apa yang dimaksud Alquran Apa yang dimaksud Alquran ?, Al Quran ialah kitab suci umat Islam yang dipandang seperti wahyu